Perencanaan Bisnis dan Rencana Bisnis – Apa itu Kesepakatan Besar?

Baik Anda seorang pengusaha yang berpengalaman, baru-baru ini memulai bisnis Anda sendiri, atau masih dalam tahap mimpi, Anda selalu menghabiskan waktu berjam-jam merancang dan membayangkan organisasi Anda. Meskipun selalu menarik untuk mencoba mewujudkan impian Anda dalam pikiran Anda dan memproyeksikan citra itu ke masa depan Anda, kesadaran bahwa hambatan, hambatan dan perlu "to-do" ada. Topik-topik ini bervariasi dari luas ke sangat spesifik dan mungkin berisi pertanyaan seperti:

  • Siapa pelanggan ideal saya?
  • Apa nama yang bagus untuk organisasi saya?
  • Apa proposisi penjualan unik (USP) saya?
  • Bagaimana saya akan menyeimbangkan kehidupan kerja saya dengan kehidupan pribadi saya?
  • Bagaimana saya bisa melakukan ini?
  • Apakah saya memiliki sumber yang diperlukan? Jika tidak, di mana saya bisa mendapatkannya? Jika ya, bagaimana cara saya menggunakannya?

Daftar ini terus berlanjut untuk halaman dan halaman & # 39; s; memang, ada banyak sumber daya yang menguraikan rincian ini, dan menghabiskan waktu untuk mengeksplorasi ide-ide ini selalu merupakan langkah yang cerdas. Untuk beberapa ide spesifik, lihat beberapa artikel gratis yang ditawarkan oleh MEG Enterprises.

Alasan di balik mengembangkan rencana bisnis untuk perusahaan dari semua ukuran dapat bervariasi, tetapi rencana bisnis biasanya dibuat untuk dua alasan utama: sebagai alat manajemen & perencanaan dan pembiayaan untuk operasional kebutuhan bisnis.

Alat manajemen & perencanaan

seperti banyak pemilik usaha kecil lainnya, Anda bukan hanya pemilik perusahaan, tetapi juga aktif terlibat dalam kegiatan sehari-hari sebagai presiden / CEO, departemen pemasaran, departemen IT, departemen SDM. … daftarnya terus berlanjut! Salah satu hal terpenting untuk diingat untuk membawa semua ini bersama-sama dalam paket yang koheren dan efisien adalah bahwa perencanaan adalah sangat penting !

Banyak bisnis kecil mengambil 'terbang di celana Anda'. "Sebuah pendekatan untuk menjalankan bisnis mereka, misalnya, jika Anda memiliki peluang bisnis yang sangat baik, peluang bahwa bisnis Anda akan menghasilkan $ 5.000 dalam tiga bulan ke depan, tetapi untuk memanfaatkan peluang ini, Anda memiliki uang tunai awal membayar $ 1.000 jika Anda memiliki sumber daya yang diperlukan untuk memanfaatkan peluang ini. Jika jawaban Anda tidak, Anda dapat dengan mudah mencapai tujuan ini dengan menjadwalkan pengeluaran tersebut terlebih dahulu melalui rencana bisnis, bahkan jika Anda masih memiliki uang tunai bukan merupakan alternatif untuk Anda, Anda mungkin memiliki batas kredit yang direncanakan untuk peluang tersebut, mengetahui bahwa di bidang Anda peluang ini terjadi dari waktu ke waktu.

Dalam arti luas, perencanaan bisnis membantu perusahaan dari setiap kemungkinan besar untuk menangani rutinitas harian. kebutuhan organisasi dengan memaksa pemiliknya untuk menyaring melalui kegiatan hari kerja normal Perencanaan bisnis akan membantu Anda memahami dan bagaimana Anda dapat memasarkan bisnis Anda secara efektif, bagaimana Anda dapat memahami dan merencanakan stabilitas keuangan, baik sekarang dan di masa depan, bagaimana Anda dapat melakukan kegiatan sehari-hari Anda dengan tingkat rutinitas yang diperlukan, dan seterusnya. Selain itu, meskipun masalah tak terduga akan selalu terjadi, perencanaan bisnis yang efektif tidak hanya membantu Anda menavigasi melalui operasi yang dapat diprediksi, tetapi juga memperhitungkan situasi yang tidak dapat diprediksi ini. Ini akan membantu Anda menangani masalah-masalah ini dengan tingkat kenyamanan dan kemudahan, mengetahui bahwa Anda telah memikirkan dan merencanakan untuk acara-acara semacam itu.

Intinya, ini adalah cara yang bagus untuk memikirkan perencanaan bisnis yang superior. Bayangkan membuat perjalanan darat dari California ke New York. Tidak ada perencanaan ("terbang di kursi celana Anda") berarti masuk ke mobil dan mengendarai "Timur" di setiap jalan raya yang Anda temui. Perencanaan yang memadai berarti Anda memetakan jalan Anda, berencana untuk bermalam, di mana Anda ingin makan, pemandangan untuk dilihat, dan sebagainya. Ini memang rencana yang jauh lebih baik. Sebuah rencana yang unggul akan membawa semua ide ini ke tingkat yang lebih tinggi dengan merencanakan "bagaimana jika": apa yang harus saya lakukan jika saya memiliki ban kempes, jika saya kehabisan bensin, jika seseorang jatuh sakit atau kehilangan dompet saya ? Anda dapat melihat bahwa rencana unggulan jelas yang terbaik dalam kebanyakan situasi, karena memungkinkan fleksibilitas, rencana untuk yang diharapkan dan tidak terduga dan Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu menikmati perjalanan, mengetahui bahwa Anda telah mencakup semua basis Anda.

MEMBANTU … Saya butuh uang tunai! (AKA menyusun rencana bisnis untuk memperoleh pembiayaan)

Alasan lain untuk membuat rencana bisnis adalah mendapatkan pembiayaan. Dalam ekonomi yang berjuang saat ini, akses terhadap uang sebagai bisnis kecil sangat penting. Dalam mengembangkan rencana untuk alasan ini, pendekatan yang jauh lebih spesifik dipilih. Di sini rencana dibuat dengan pembaca khusus dalam pikiran: pemberi pinjaman . Apakah Anda mencari uang dari bank, investor dalam malaikat, dll., Jika Anda tahu bahwa audiens Anda sangat penting

Bagaimana Anda membuat rencana bisnis yang efektif dalam situasi ini? Nah, sederhananya, tempatkan diri Anda pada posisi orang yang meminjamkan uang. Apa yang ingin Anda baca sebagai pemberi pinjaman dalam sebuah rencana? Pertama dan terutama, orang-orang ini ingin Anda menunjukkan kemampuan untuk membayar kembali pinjaman dengan pengembalian investasi (ROI) yang diperlukan dan dalam jangka waktu yang diperlukan .

Bidang-bidang ini mengharuskan Anda menyajikan argumen yang kuat untuk harapan keuangan yang Anda usulkan, yang secara kuat didirikan dalam informasi pendukung rencana Anda, termasuk pemasaran, analisis pasar, kegiatan bisnis, dan seterusnya. Memiliki kepercayaan dalam bisnis Anda dan dalam diri Anda akan membantu Anda menunjukkan potensi untuk bisnis Anda dan memberikan apa yang dicari investor Anda. Membuat due diligence Anda dan mengetahui fakta-fakta tentang perusahaan Anda dan pasar Anda akan terbukti sangat bermanfaat dalam penjualan kasus bisnis Anda, baik tertulis maupun lisan, kepada pemberi pinjaman dari siapa Anda mencari pembiayaan.

Jadi, bagaimana cara membuat rencana bisnis? Apa artinya semua itu?

Meskipun istilah & # 39; rencana bisnis & # 39; di mata beberapa pemilik bisnis membawa banyak gambar negatif, pendekatan selangkah demi selangkah akan menunjukkan bahwa membuat rencana bisnis jauh lebih tidak menakutkan daripada yang mungkin dipikirkan orang. Meskipun tidak ada dua rencana yang persis sama (perincian yang diperlukan dari rencana tersebut mungkin berbeda per perusahaan), isi dari rencana bisnis yang khas mencakup topik-topik berikut:

  • Ringkasan – Jual bisnis Anda ke pembaca Anda!
  • Tinjauan Perusahaan – Memberikan gambaran umum perusahaan.
  • Analisis pasar dan persaingan – Di lingkungan apa Anda aktif?
  • Strategi pemasaran dan penjualan – Bagaimana Anda "menang" di pasar Anda?
  • Rencana Organisasi – Bagaimana struktur organisasi Anda?
  • Proyeksi keuangan – Status saat ini dan prospek masa depan.
  • Pendanaan dilakukan (jika perlu)
  • Tonggak utama – Apa tujuan spesifik dan dapat dicapai Anda?
  • Risiko Kritis – Di mana Anda tetap terjaga di malam hari?
  • Lampiran / lampiran

Apakah ini terdengar sangat berarti bagi Anda? Percayalah, sementara Anda benar-benar membahas detail rencana dan perusahaan Anda, Anda akan bertanya-tanya mengapa tidak ada lebih banyak ruang untuk perincian!

Aspek yang paling penting dari perencanaan bisnis ("Apa yang semuanya datang?"), Namun, menghabiskan waktu untuk melakukan riset Anda ("due diligence") dan untuk berpikir kritis tentang aspek-aspek yang berbeda dari Anda perusahaan. Tentu saja tidak mungkin untuk mengantisipasi setiap detail dengan hanya menghabiskan waktu berpikir dan menulis; untuk alasan inilah rencana diindikasikan dan dilihat sebagai "dinamis". Semakin banyak masalah dan skenario yang bisa Anda peroleh sebelumnya, semakin siap Anda akan mampu menangani ketika hal itu terjadi.

Jadi, pada akhirnya, saya mendorong Anda untuk menyelaraskan kembali prasangka yang mungkin Anda miliki. memiliki proses perencanaan bisnis dan tidak menganggapnya sebagai tugas yang menakutkan atau kejahatan yang diperlukan dalam menjalankan bisnis yang sukses. Sebaliknya, pertimbangkan itu sebagai peluang baru, peluang untuk mewujudkan impian Anda melalui kebutuhan perusahaan Anda, pelanggan Anda, karyawan Anda, pemasok Anda, komunitas Anda … dan untuk memetakan diri Anda!



Source by Michael Capps